Apa itu Relationship Coach? Mengapa Dibutuhkan?

Relationship Coach
Relationship Coach

Apa itu Relationship Coach? Mengapa Dibutuhkan?

Apa itu relationship coach? Bagaimana relationship coach dapat membantu secara personal dalam menghadapi masalah dari mulai dating, sampai pernikahan.

Dalam menjalankan sebuah hubungan dengan pasangan, baik sebelum atau sesudah pernikahan, ada kalanya kita harus dihadapi dengan konflik atau masalah yang jika tidak diatasi dapat merusak hubungan keduanya. 

Salah satu solusi yang bisa Anda coba untuk memperbaiki hubungan percintaan atau rumah tangga adalah dengan menggunakan jasa relationship coach.

Apa itu Relationship Coach?

Relationship coach adalah seseorang yang membantu individual maupun pasangan dalam mempelajari skill-skill khusus dalam menjalin hubungan, seperti dalam pernikahan atau ketika sedang berpacaran. 

Seorang relationship coach  membekali Anda dengan skill atau keterampilan agar lebih cermat dalam menghadapi konflik yang terjadi dalam sebuah hubungan dan mencari solusi yang baik untuk kedua belah pihak. 

Selain itu, relationship coach juga menawarkan jasa untuk memperdalam kemesraan dan kebahagiaan dalam hubungan percintaan. 

Mengapa Relationship Coach Dibutuhkan Oleh Pasangan?

Setiap manusia adalah makhluk sosial di mana menjalin hubungan dengan orang-orang sekitar adalah hal yang paling mendasar untuk merasa senang dan bahagia. 

Hanya saja, dalam kehidupan sehari-hari kita diajarkan bahwa dengan mencintai seseorang saja sudah cukup untuk membangun hubungan yang berhasil. 

Dan, jika Anda mengalami konflik dalam hubungan Anda, berarti Anda belum menemukan orang yang tepat.

Coba kita terapkan sikap yang sama dengan hal lain dalam hidup kita. Contohnya saja, “Jika Anda memang ditakdirkan untuk menjadi pesepak bola yang handal, Anda harus bisa menendang bola ke gawang dengan baik.” 

Atau, “Jika Anda memang ditakdirkan menjadi seorang musisi, Anda harus bisa menciptakan lagu seketika itu juga.” 

Hal ini tentunya kurang masuk akal. Kenapa kita memiliki anggapan bahwa setiap orang sudah seharusnya memiliki hubungan yang sempurna, ketika sebagian dari kita mungkin belum pernah mempelajari skill yang berhubungan dengan hubungan relasi atau percintaan di kehidupan kita. 

Di sinilah peran relationship coach dapat membantu dalam meningkatkan relasi, koneksi dan kedekatan dengan pasangan maupun orang di sekitar Anda. 

Jadi, jika Anda ingin memiliki hubungan yang baik dan Anda akan menerima manfaat ketika bekerja dengan relationship coach.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Anda butuh membuat janji dengan relationship coach: 

  1. Merasa malu atau tidak nyaman ketika berhubungan dengan lawan jenis.
  2. Anda merasa tidak percaya diri saat berkencan.
  3. Anda ingin memiliki hubungan yang berkualitas tetapi tidak tahu bagaimana caranya.
  4. Kurangnya gairah dalam kehidupan cinta. 
  5. Ingin meningkatkan hubungan tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. 
  6. Anda ingin mengakhiri hubungan Anda saat ini tetapi tidak yakin bagaimana caranya.
  7. Anda terganggu oleh hubungan masa lalu atau ingin melupakan mantan.
  8. Hubungan Anda baik-baik saja tetapi mulai membosankan dan ingin membuatnya menarik lagi.
  9. Anda pernah mengalami kekecewaan yang berat dan ingin melepaskan masa lalu sebelum Anda memulai hubungan baru.
  10. Anda ingin menjadi yang terbaik untuk pasangan Anda dan memiliki hubungan sebaik mungkin.

Apa Saja Tugas Relationship Coach?

Tugas seorang relationship coach adalah membantu individu maupun pasangan untuk belajar bagaimana dapat membina hubungan yang baik. 

Dalam sebuah hubungan, munculnya perbedaan pendapat adalah hal yang wajar. Relationship coach membantu Anda memahami bahwa Anda masih bisa menjalani hubungan yang baik dengan pasangan, asalkan Anda memiliki skill komunikasi dan problem solving yang baik.

Selain itu, relationship coach mengajarkan pasangan untuk bisa meningkatkan komunikasi, menjadi lebih dekat, dan meningkatkan kebahagiaan dalam hubungan rumah tangga atau asmara. 

Relationship coach memiliki kemampuan yang baik dan pengertian tentang apa saja yang membuat Anda dan pasangan merasa dicintai, dihargai, dan dihormati sehingga Anda juga bisa belajar untuk menerapkannya. 

Setiap orang memiliki karakter dan dihadapi dengan situasi yang berbeda. Jika Anda mengharapkan pasangan Anda untuk melakukan apapun yang Anda inginkan, tanpa mempertimbangkan sudut pandang atau perasaannya, maka Anda harus belajar lagi dengan coach Anda.

Coach Yunita adalah salah satu relationship coach yang paling banyak dicari dan diminati di Indonesia. Coach Yunita melakukan pendekatan holistik, self awareness dan self knowledge, yang jarang ditemukan di relationship coach lain. Coach Yunita juga memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi dalam menangani masalah-masalah hubungan, mulai dari tahapan dating, bagaimana menarik pasangan dengan cara yang elegan dan natural hingga masalah rumah tangga yang tidak harmonis.

Perbedaan Relationship Coach, Terapis Pasangan, dan Marriage Counselor

Pada umumnya, setiap pasangan dihadapi dengan masalah yang berhubungan dengan perbedaan keyakinan, kebutuhan yang berhubungan dengan finansial,  hubungan intim, dan anak.

Relationship coach dan marriage counselor masih memiliki pendekatan yang sangat mirip dalam menghadapi masalah ini, hanya saja pendekatan yang dilakukan oleh terapis pasangan sangat berbeda.

Ketika Anda menemui seorang terapis, Anda hanya dibatasi untuk membicarakan masalah saja. Banyak terapis yang tidak memiliki tools untuk memberikan solusi. 

Berbeda dengan relationship coach yang memberikan saran dan praktik yang dapat dilakukan untuk menghadapi konflik dalam hubungan rumah tangga atau hubungan asmara. 

Akan lebih baik jika Anda bekerja sama dengan relationship coach untuk memperbaiki hubungan intim dengan pasangan di masa yang sangat sulit tersebut. 

Perbedaan Relationship Coach dengan Dating Coach

Relationship coach membantu Anda untuk untuk membangun hubungan yang sehat dalam sebuah komitmen, sedangkan dating coach lebih fokus ke tahap awal dalam sebuah hubungan, seperti perkenalan dan kencan. 

Dating coach membantu Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi Anda.

Anda akan diajarkan cara memulai sebuah pembicaraan dengan lawan pasangan dengan gaya percakapan yang lebih menarik dan menumbuhkan koneksi.

Bagaimana Anda terlihat menyenangkan pada saat kencan pertama, bagaimana Anda merayu lawan jenis sehingga memasuki tahap selanjutnya. 

Sebaliknya, relationship coach juga meningkatkan skill komunikasi tapi dengan tujuan agar Anda bisa menjadi diri sendiri dan lebih intim dengan pasangan Anda. 

Anda akan diajarkan untuk menjadi diri sendiri, terbuka, santai, mendengarkan, memberi perhatian, dan menunjukkan empati ketika berbicara dengan pasangan. 

Tidak hanya itu, Anda akan diajarkan bagaimana cara untuk menunjukkan karakter Anda yang seimbang dengan hubungan intim dengan pasangan. 

Coach Yunita adalah seorang Life, Dating dan Relationship Coach yang berpengalaman dan sudah membantu ribuan klien untuk mendapatkan kehidupan percintaan yang di impikan.

Bagaimana Cara Kerja Relationship Coach?

Ketika Anda pertama kali bertemu dengan seorang relationship coach, hal pertama yang mereka lakukan adalah mendengarkan apa tantangan hubungan terbesar yang Anda rasakan Anda dan apa yang ingin Anda perbaiki dalam hubungan. 

Jika kedua pasangan hadir, coach Anda meminta Anda berdua untuk saling melakukan komunikasi. 

Jika Anda tidak memiliki pasangan, coach Anda akan berlatih dengan Anda untuk membangun komunikasi dan kepercayaan terhadap calon pasangan yang akan datang. 

Setelah coach Anda mengamati bagaimana Anda berkomunikasi atau berinteraksi dengan pasangan, mereka akan memberi saran bagaimana interaksi Anda bisa lebih baik, jelas, bertanggung jawab, dan menunjukkan rasa sayang.

Misalnya saja, jika Anda saling menyalahkan satu sama lain, coach akan menyarankan untuk berbicara berdasarkan apa yang Anda alami atau rasakan. 

Atau jika Anda duduk saling berjauhan, coach Anda akan menanyakan seberapa jauh jarak yang Anda rasakan.

Masih banyak lagi contoh lain yang akan dilakukan oleh seorang relationship coach untuk membantu Anda yang siap dalam menghadapi dan memecahkan masalah atau konflik yang Anda hadapi.

Keuntungan Bekerja Sama dengan Relationship Coach

Masalah yang muncul dalam sebuah hubungan biasanya terjadi karena kurangnya komunikasi yang baik, kepekaan satu sama lain. Yang sering terjadi adalah sulitnya seseorang menerima feedback atau saran yang diberikan oleh pihak lain. Seorang coach akan mengamati situasi Anda dan memberikan masukan tentang apa yang selama ini mungkin tidak Anda sadari, yang mengakibatkan hubungan menjadi kurang harmonis.

Peran seorang coach adalah menyampaikan apa yang selama ini tidak Anda sadari, apa yang dibutuhkan dalam membangun keintiman, cara pandang yang kurang tepat dan kepekaan -ini hal yang paling krusial yang sering dilupakan- sehingga membangun hubungan yang kuat.

Misalnya saja, pasangan Anda mungkin marah tentang sesuatu yang Anda lakukan, tetapi tidak memberitahu Anda apa alasan sebenarnya yang membuat mereka marah. 

Atau mungkin orang-orang di sekitar Anda yang tidak suka dengan perilaku Anda, tetapi tidak pernah membicarakannya.

Sebaliknya, mereka menjauhkan diri dari Anda, atau bahkan memutuskan hubungan dengan Anda. Sehingga Anda tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk belajar dan melakukan sesuatu yang berbeda.

Salah satu manfaat yang Anda rasakan ketika bertemu dan berkonsultasi dengan relationship coach adalah masukan-masukan yang jelas bagi Anda. 

Mereka akan mengingatkan Anda tentang persepsi orang lain terhadap Anda. Dan bagaimana Anda dapat merubah diri Anda ke arah yang lebih baik. 

Mereka mendorong Anda untuk mencoba cara-cara baru dalam menjalankan hubungan dan mengamati apakah lebih baik untuk Anda.

Dengan melalui proses menerima masukan, saran-saran dalam menjalin hubungan, dan melakukan praktik. Diharapkan Anda bisa menjadi seseorang yang lebih penuh kasih sayang dan bahagia sehingga terhindar dari konflik.

Apa Saja hal yang Bisa Anda Harapkan dari Coach Anda?

Ada beberapa hal yang akan Anda pelajari ketika bertemu dengan relationship coach Anda, yaitu bagaimana Anda bisa:

  1. Membicarakan masalah secara jujur dan terbuka
  2. Menunjukkan sisi rentan Anda
  3. Meningkatkan rasa empati terhadap pasangan
  4. Menghadapi rasa kekecewaan dalam hubungan 
  5. Meningkatkan relasi dan ikatan batin
  6. Meningkatkan hubungan intim 
  7. Menemukan batasan dan titik tengah sesuai yang didiskusikan secara bersama 
  8. Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan kebutuhan dan kapasitas Anda sebagai pasangan. 

Tips dalam Memilih Coach yang Sesuai

Sebelum Anda membuat janji dengan coach Anda, lakukan dulu riset tentang latar belakang dan pengalaman mereka, salah satunya filosofi yang mereka percayai dalam sebuah hubungan dan ini sangat penting.

Atau apakah coach tersebut dengan tulus, memberi Anda wawasan. Tentang pola dan mendorong Anda untuk membuat pilihan yang terbaik untuk Anda? Atau mereka yang terpaku pada model hubungan tradisional pada umumnya. 

Penting sekali untuk mengetahui apakah filosofi relationship coach Anda mencakup pendekatan yang seimbang antara kebahagiaan individu dan hubungan yang memuaskan.

Beberapa pelatih hanya fokus pada keterikatan sehingga menyebabkan orang mengesampingkan kebutuhan pribadi mereka, yang tidak sehat.

Yang lain hanya berfokus pada kebutuhan pribadi Anda dan gagal mengajari Anda cara memperhatikan pasangan Anda.

Pastikan mereka memperlakukan Anda layaknya orang dewasa. Banyak coach yang terpaku pada satu cara saja tanpa mencari opsi atau struktur hubungan alternatif lainnya.

Yang terakhir adalah, cari coach yang mau untuk memberikan saran praktikal. Apa yang harus Anda lakukan, bukan hanya sekedar mendengarkan Anda curhat saja tanpa mendorong Anda untuk melakukan praktik secara langsung. 

Kesimpulan

Jika Anda menghadapi konflik dalam rumah tangga atau masalah yang selalu muncul. Tanpa menemukan solusi yang tepat, ada baiknya Anda mencoba membuat janji dengan relationship coach. 

Jangan merasa malu untuk mengungkapkan masalah dan meminta bantuan orang luar seperti relationship coach. Karena memang mereka memiliki pengalaman dan keahlian untuk membantu memperbaiki hubungan pasangan. 

Booking sesi personal coaching langsung dengan Coach Yunita

Share this :

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *